Kamis, 24 April 2014

Transportasi Kota Palembang


Transportasi di Indonesia saat ini,telah mengalami kemajuan yang sangat cepat. Dari segi kendaraan hingga jalan telah memiliki standar keselamatan, akan tetapi karena kurangnya manajemen lalu lintas membuat jalan utama di perkotaan terlihat tidak teratur seperti saat ini. Akibat dari itu banyak di kota besar terjadi kemacetan, penempatan APILL yang tidak sesuai pada tempatnya, parkir liar, dan lain-lain hal ini lah yang membuat tidak nyamannya pengguna jalan. Di satu sisi juga bertambahnya populasi penduduk kota yang meningkat pesat akan memerlukan beberapa pertimbangan agar lebih berhati-hati terhadap pola penggunaan lahan di masa mendatang dan membangun sistem transportasi yang terpadu.
Dengan adanya pertumbuhan ekonomi, pemilik kendaraan pribadi mobil dan sepeda motor juga bertambah pesat pada beberapa tahun terakhir ini, dengan tingkat pertumbuhan lebih dari 10% pertahun. Hal ini juga menyebabkan makin tingginya kemacetan di jalan raya, menambah polusi udara, meningkatkan kecelakaan lalulintas, menurunnya sistem angkutan umum dan menurunnya pejalan kaki dan penggunaan kendaraan tak bermotor. Pertumbuhan jumlah lahan parkir dan sepeda motor juga berpengaruh pada kondisi lingkungan yang memburuk di beberapa tempat seperti di sekitar kota dan termasuk dipusat kota. Faktor-faktor penyebab inilah yang mempunyai kecenderungan peningkatan jumlah kendaraan bermotor dan dapat menghambat konsep transportasi yang sustainable (berkelanjutan). Oleh sebab itu perlu adanya perencanaan transportasi yang sistematis, seperti di Jalan Jenderal Sudirman di kota Palembang dimana jalan tersebut telah melampaui batas kapasitas jalan
Berdasarkan data survey yang ada di kota Palembang selama 12 jam angkutan umum yang melewati ruas jalan tersebut berjumlah 3926 bus dan 665 angkot. Oleh sebab itu sebagai poros utama, jalan tersebut perlu dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas agar berkurangnya permasalahan transportasi di jalan tersebut.


jalan utama di kota Palembang yang setiap harinya selalu dilalui masyarakat untuk beraktivitas dan pada jam tertentu pula sering terjadinya tundaan, atau antrian yg cukup panjang di beberapa titik simpang dan kadang-kadang juga sering menimbulkan kemacetan yang berakibat banyaknya pengendara yang saling menyalip sehingga terjadinya kecelakaan.

Gambaran Umum Kota Palembang

  •       Letak Geografis dan Penduduk
Kota Palembang merupakan salah satu dari 33 Ibu Kota Provinsi di Indonesia. Secara geografis kota ini di lintasi Sungai Musi, sekitar 80 km dari laut yang terletak di sebelah timurnya. Diperkirakan jumlah penduduk kota Palembang diperkirakan 1,5 juta jiwa. Beberapa tahun terakhir ini pertumbuhan penduduk rata-rata hampir 2% pertahun, jika angka ini terus berlangsung, penduduk kota Palembang pada tahun 2015 akan menjadi 1,65 juta jiwa pada tahun 2030 berjumlah sekitar 2,20 juta jiwa. Dengan luas seluruh wilayah Kota Palembang adalah 400,61 km² namun sebagian besar area di wilayah ini masih berupa lahan tidak terbangun dan belum berpenghuni. Pola penggunaan lahan pada umumnya sebagian besar area komersil yang berlokasi di sepanjang jaringan jalan-jalan utama, dalam hal ini wilayah pemukiman berada pada antara jaringan jalan utama tersebut. Pola yang sama dapat pula kita jumpai di pusat kota.
Pengembangan perkotaan diharapkan ke arah selatan dan timur dimana permukiman sub-perkotaan sudah terbentuk. Wilayah disebelah utara dan barat sebagian besar adalah lahan pertanian. Terdapat rencana untuk menjadikan Palembang sebagai bagian dari kawasan metropolitan, namun kebanyakan lahan-lahan diwilayah ini masih merupakan kawasan pedesaan.
  •       Jaringan Jalan
Jaringan jalan di Kota Palembang merupakan jaringan radial yang didukung oleh beberapa jalan lingkar kota. Jalan radial utama akses jalan Sudirman dimulai dari Jembatan Ampera, yang melintasi Sungai Musi dan di sebelah barat daya sampai ke Alang-Alang Lebar dan terus menuju Provinsi Jambi.
  •       Transportasi Angkutan Umum
Angkutan umum kota terdiri dari Angkutan Bus, Angkot (mini van), Ojeg (taksi sepeda motor) dan taksi. Pada bulan Februari 2010 yang lalu, dimulai operasional Bus BRT Trans Musi dengan armada bus-bus baruyang melayani dari berbagai sudut di kota palembang.
  •       Transportasi Angkutan Kendaraan Tak Bermotor
Moda angkutan tak bermotor, termasuk kendaraan roda tiga (becak), bertempat duduk dua orang, sepeda dan pejalan kaki, merupakan bagian yang paling penting dari sistem transportasi perkotaan.
 
  Permasalahan pada setiap kota umumnya, banyak warganya selalu menginginkan kenyamanan pada saat melakukan aktivitas akan tetapi kurangnya dukungan beberapa orang di pemerintahan membuat pembangunan di kota tersebut, selalu berjalan tidak sesuai rencana yang di tulis dalam sebuah proposal, oleh sebab itu maka dalam pembangunan transportasi yang berkelanjutan seperti di kota Palembang ini dibutuhkan dukungan yang kuat baik dari segi moril ataupun finansial yang tinggi, sehingga pembangunan transportasi yang nyaman membuat masyarakatnya akan lebih tertarik dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

1 komentar: